DPRD Kaltim

Ini Aspirasi Masyarakat yang Kerap Ditemukan saat Serap Aspirasi

DEKADE – Sejumlah persoalan di masyarakat kerap ditemui para legislator. Saat melakukan serap aspirasi, misalnya, masalah seperti infrastruktur, pendidikan dan beasiswa kerap disampaikan. “Banyak sekali aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat. Tiga hal itu hanya sebagian kecil saja,” aku Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim), Ananda Emira Moeis, kemarin.

Ia mengungkapkan, aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat sangat penting bagi anggota dewan. Karena itu, aspirasi tersebut harus diperjuangkan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kami datang ke dapil untuk mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat, apa saja yang bisa kami bantu. Kami juga meminta masukan, saran, dan kritik dari masyarakat untuk membangun daerah ini,” ucapnya.

Ananda Emira Moeis mengaku senang jika masyarakat proaktif dalam menyampaikan aspirasinya kepada anggota Dewan. Sebaliknya, ia merasa kesulitan jika masyarakat diam saja dan tidak ada yang mengutarakan keluhannya. “Alhamdulillah kalau warga aktif menyampaikan aspirasinya, jadi kami juga mudah bekerja. Kalau warga diam saja, kami juga bingung mau membantu apa,” tuturnya.

Secara umum, ia menegaskan para legislator memiliki tanggung jawab untuk mendengar dan menyalurkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihan (dapil). Biasanya, mereka melakukan kegiatan serap aspirasi. “Waktunya setiap empat bulan sekali sesuai dengan masa sidang,” terangnya.

Kegiatan serap aspirasi ini, urainya, bertujuan untuk memahami berbagai masalah yang dihadapi masyarakat. Selain itu juga untuk melihat langsung perkembangan dan hasil pembangunan yang dilakukan pemerintah. “Sebagai legislatif, anggota dewan juga berperan sebagai penyeimbang dan pengawas terhadap kinerja kepala daerah dan jajaran pemerintahannya,” paparnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengungkapkan, kegiatan serap aspirasi juga menjadi sarana untuk menjembatani komunikasi antara publik dan pemerintah, serta mengakomodasi kepentingan masyarakat. Bahkan serap aspirasi juga menjadi momen untuk bersilaturahmi dengan masyarakat dan konstituen.

“Kami selalu berusaha untuk bersilaturahmi dan berkomunikasi dengan warga. Pertama, silaturahmi itu kan mendatangkan pahala bagi kita semua, selain itu juga menambah teman, keluarga, dan sahabat. Yang terpenting, tugas kami sebagai anggota dewan adalah untuk menyerap aspirasi warga di dapil kami,” tandasnya. (adv)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button